Blog Tentang Komputer Internet dan Bisnis Online

Monday, July 13, 2015

Tips Berhemat di Bulan Ramadhan

Tidak sedikit orang mengira puasa saat bulan Ramadhan bisa menghemat pengeluaran. Ternyata? Tidak.

Ada sebagian orang yang mengeluarkan uang makan saat bulan puasa lebih tinggi dari pengeluaran bulan sebelum Ramadhan. Kenaikannya bisa mencapai 25 persen hingga 50 persen.



Mungkin Anda pun begitu. Kalau tadinya tak makan kolak, bulan Ramadhan justru sering konsumsi kolak. Lauk makan pada bulan puasa sehingga berlebih dari bulan biasanya. Bukannya turut berhemat uang saat bulan puasa, hal hal tersebut justru akan menguras kantong Anda di bulan Ramadhan.

Lantas, apa yang wajib Anda perbuat supaya bisa berpuasa sekaligus berhemat? Yuk simak di bawah ini.

Pertimbangkan mana barang barang yang Anda butuhkan dan mana barang yang sekedar Anda inginkan. Kalau tak tergolong keperluan alias sekadar keinginan, coret dari daftar belanja. Tentukan biaya belanja tiap bulan serta patuhilah.

Jangan pakai uang THR untuk berbelanja keperluan selagi bulan  puasa. Apabila Anda telah terima THR, sisihkan dulu dari sertaa lain-lain. Uang THR bisa Anda gunakan kelak dengan tujuan-tujuan khusus.

Kontrol belanja Anda. Jangan sebab lapar mata, makanan yang Anda beli berlebih serta akhirnya dibuang sia-sia. Bulan puasa terbukti merilis tak sedikit penjual makanan. Tak cuma enak, rupa makanan pun menggoda. Nah, biar tak terjebak, kontrollah dirimu saat berbelanja makanan. Beli makanan yang ingin Anda makan serta beli sesuai keperluan.

Hindari pusat perbelanjaan. Biasanya, apabila menghabiskan waktu sebelum berbuka, tak sedikit orang jalan-jalan ke mall. Tutorial ini terbukti membikin orang lupa waktu, tiba-tiba waktu buka telah tiba.
Padahal, jalan-jalan di pusat perbelanjaan membikin matamu kian lapar serta daya kontrolmu kepada pengeluaran melemah. Jadi, hindari ngabuburit di pusat perbelanjaan, kecuali Anda sangatlah ingin membeli sesuatu.

Atur jadwal buka bersama. Kumpul bareng dengan kawan-kawan sambil buka bareng terbukti menyenangkan. Apalagi, buat Anda yang tinggal di satu kota sejak kecil hingga dewasa, kemungkinan besar kesempatan untuk reuni sambil buka bareng besar.

Dari buka bersama teman bermain masa kecil, teman SD, SMP, SMU, teman kuliah, teman kantor, teman komunitas, teman arisan, teman kos masa kuliah, hingga teman traveling. Nah, tak semua buka bersama wajib Anda ikuti. Cek kondisi kantong serta sisihkan waktu untuk berbuka dengan keluarga. Misal, kalau Senin Anda reuni sambil bukber, Selasa serta Rabu Anda buka di rumah. Atau, pastikan hanya 2 kali dalam sepekan Anda buka di luar rumah.

Membawa bekal dari rumah. Bawalah makanan kecil dari rumah untuk buka puasa. Penganan ini bisa Anda jadikan makanan awal saat berbuka di jalan saat pulang menuju rumah.

Itulah beberapa Tips Berhemat di Bulan Ramadhan ala Kompnet. Semoga bermanfaat

Tips Berhemat di Bulan Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blog Adhwa

0 comments:

Post a Comment