Blog Tentang Komputer Internet dan Bisnis Online

Tuesday, July 14, 2015

5 Usaha Sampingan Untuk Karyawan Dapat Uang Tambahan

Menjadi seorang karyawan, kebanyakan penghasilan setiap bulannya tidak memberikan kepastian apakah dapat mencukupi kebutuhan sehari hari atau tidak. Jangankan dapat untuk menabung alias investasi, untuk tidak berhutang saja sudah untung.


Namun sebenarnya jika Anda ingin tetap pada zona aman Anda sebagai karyawan namun juga punya penghasilan lain, seharusnya Anda harus mulai berpikir untuk melakukan usaha sampingan yang dapat dikerjakan part time namun memberikan tambahan uang.

Adapun memilih bisnis sampingan untuk karyawan alias tipe usaha sampingan, wajib difikirkan sumber dayanya (resources) yang dimiliki oleh seorang karyawan. Sumber daya tersebut merupakan modal serta waktu. Namanya karyawan yang tetap digaji sama orang lain, jadi Anda mempunyai keterbatasan modal serta waktu untuk melaksanakan usaha sampingan ini. Jadi Anda wajib memilih usaha sampingan yang tak memperlukan modal tak sedikit serta waktu yang flexible.

Jenis usaha sampingan yang dapat dikerjakan oleh karyawan antara lain :

1. Fotografer freelance
Kalau mempunyai kepandaian dalam bidang fotografi, kenapa tidak Anda coba saja yang satu ini, menjadi fotographer freelance. Anda dapat memperkenalkan jasa pemotretan prewedding, pernikahan, foto keluarga, dan foto untuk momen momen special. Umumnya pekerjaan ini dapat dilakukan pada hari sabtu minggu jadi tak mengganggu pekerjaan kita di kantor.

2. Designer freelance
Selain sebagai seorang fotografer freelance Anda juga dapat memperkenalkan jasa sebagai seorang designer freelance. Hanya bermodalkan komputer serta performa program pengolahan foto semacam photoshop, corel draw dan software lainnya, Anda dapat melakukannya dirumah. Tidak hanya itu Anda dapat mengerjakan pada malam hari seusai pulang kerja serta akhir pekan. Seperti editing foto, desain banner dan perangkat promosi, ataupun desain desain keperluan lainnya seperti kartu nama, baju ataupun desain advertising. Semua itu pekerjaan yang sarat dengan modal besar!

3. Service AC
Boleh dibilang, hampir semua rumah mempunyai AC untuk mendinginkan ruangan. AC - AC tersebut wajib dilakukan perawatan selalu supaya AC - nya dapat bekerja optimal. Anda dapat memperkenalkan jasa service AC. Kalau yang melakukannya baru Anda sendiri, Anda dapat mengerjakan pada malam hari alias akhir pekan. Tak persoalan ketika dihubungi konsumen, kalau ini usaha sampingan Anda sebagai seorang karyawan.

4. Jualan Online
Di zaman serba internet seperti sekarang ini, seiring dengan meningkatnya penggunaan internet di masyarakat, mencari uang tambahan dengan jualan online dapat menjadi pilihan. Jualan online ini mempunyai fleksibilitas waktu yang lumayan tinggi.

Jenis jualan online yang dapat Anda lakukan seperti: Anda dapat jualan barang sendiri, menjual barang orang lain (reseller) ataupun menjual barang orang lain serta memperoleh komisi (affiliate marketer) untuk setiap transaksi.

5. Multi Level Marketing (MLM)
Menjadi seorang Mulit Level Marketing juga bukan hal yang sulit untuk Anda lakukan sebagai karyawan. Bahkan terkadang bagi sebagian orang menjadi peluang besar karena mereka berani untuk mempromosikan bisnis tersebut ke seluruh karyawan kantornya yang berjumlah ribuan. Ini akan menjadi hal yang luar biasa. Bahkan banyak orang orang yang sukses di MLM dengan gaji puluhan hingga ratusan juta berawal dari seorang karyawan. Kuncinya fokus untuk tidak berpindah pindah dari 1 perusahaan MLM ke perusahaan lainnya.

Bidang-bidang yang dapat dijadikan mulai dari management hingga dengan kesehatan. Mulai dari public speaking hingga quality system serta tetap tak sedikit lagi. Bahkan ada yang punya pengalaman usaha sampingannya ini menjadi penghasilan utamanya serta dirinya mengajukan resign dari tempat bekerjanya setelah pendapatannya melebihi gaji kantornya.

5 Usaha Sampingan Untuk Karyawan Dapat Uang Tambahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blog Adhwa

1 comments:

  1. Photographer / designer freelance memang lumayan sih gan pendapatannya, selain service AC, agan juga bisa jadi service kabel, lagian disetiap bangunan ga cuman ac tp ada kabel juga...

    ReplyDelete